12/29/2008

Malam 1 Suro..



Setiap malam menjelang tahun baru islam 1 hijriyah, kotaku solo punya cerita tersendiri. Kami orang solo menyebutnya malam suro, dimana ada semacam kepercayaan kakek nenek kami dimana di malam itu kerbau putih yang bernama kyai slamet diarak keluar mengelilingi pura mangkunegaran dan orang-orang akan berebutan memperebutkan kotoran dari kerbau itu istilahnya ngalap berkah dengan harapan apapun yang diinginkan bisa kesampaian.

Mereka yang mempercayai itu rela mengelilingi pura mangkunegaran yang luas itu sebanyak 7 kali, bahkan ada yang rela berjalan kaki untuk sampai kesana. Kerbau putih kyai slamet sendiri telah mati beberapa tahun yang lalu jadi sekarang yang diarak adalah anak-anaknya. Dan sebagian besar orang jawa sangat menghindari bulan-bulan ini untuk melakukan hajatan, karena akan mendapat sial dan musibah besar. Hal itu mitosnya karena berkaitan kalo di bulan suro ini nyi roro kidul juga sedang hajatan besar yakni menikahnya putrinya, jadi tidak boleh ada yang mengadakan hajatan di bulan yang sama atau pemilik pantai selatan akan marah besar. Tentu aza itu berkaitan dengan para calon pengantin yang akan mencari hari baik untuk menikah.

Tetapi di zaman yang modern itu, hal itu sedikit luntur karena sebagian orang menganggapnya itu klenik, mistik dan syirik, sehingga hal itu tidak perlu dilestarikan. Padahal itu juga termasuk kebudayaan solo yang sudah ada dari dulu. Orang-orang keraton sendiri mengadakan acara itu dengan maksud sebagai perayaan kecil atas tahun baru islam di solo dengan tidak bermaksud untuk menjadikan hal itu semacam hal-hal yang berbau mistik, syirik atau klenik seperti yang acy sebutkan diatas.

pic tf detik.com





21 komentar:

  1. wah podho wong solo ne khi..tapi aq ra nonton khi mbak..malah neng sampingku ono pengajian..hehehe..

    met tahun baru hijriah..semgat baru dan selalu ingat dengaNya.. :)

    BalasHapus
  2. orang sekarang menjadi paga yang absurd, ditahun barunya mereka menyembah api api dan teks dengan iringan letusan dan trompet yang tidak punya seni....sambil saling merengut keperawanan dan keperjakaan...
    mereka telah menjadi gila se gila gilanya...

    BalasHapus
  3. Selamat tahun baru 1430 hijriah. Semoga di tahun mendatang ibadah dan iman menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus
  4. Dalam konteks seni dan budaya, semestinya tetap dilestarikan.

    Met tahun baru 1430H.
    Semoga achi mendapat kemudahan dan kesuksesan

    BalasHapus
  5. itu budaya kale yak mbak... hikhikhik. sok tau aku ini yk.... *gubrakkkk...

    BalasHapus
  6. Dulu juga di solo...deketnya sih....

    BalasHapus
  7. wah seru abis tampaknya...tapi keren abis nih layout barunya :)

    BalasHapus
  8. kayaknya asik nih klo lihat secara langsung hehehe...

    BalasHapus
  9. Wah..belum pernah liat...^^

    BalasHapus
  10. kalo soal kebudayaan susah dihilangkan mbak... di cilacap juga gitu

    BalasHapus
  11. lho cy kamu kemarin ikut keliling ga yap?hmmm wah tampilan warna nya asik lho cy...eit jangan geer yap itu kok kupingnya jadi gede sebelah wakakaka becanda lho cy

    BalasHapus
  12. gak papa sih dilestarikan biar rame hehehe asal gak btentangan ma ajaran agama to, kalo tak suka ya wis jadi penonton aja:p

    BalasHapus
  13. wah kalo aku ya itu patut dilestarikan soalnya dulu kan para wali nyebarin agama islam (soale aku yo muslim) pake beberapa cara.(maap setahuku aja, bukannya sok pinter nih, tapi emang gitu lho)contohnya ;

    1. kondangan atau kenduren atau slametan, itu bukan bentuk pemujaan pada dewa atau leluhur, tapi salah satu bentuk sodaqoh.

    2.wayang, kan ada to yang bilang kalo wayang itu tidak bileh dilihat, karena menampilkan tokoh-tokoh mewakili manusia, padahal itu yang digunakan sunan kalijaga u/ menyiarkan agam islam. dan filosofinya ga tanggung2 lho.
    dan masih banyak lagi kan?
    masih ada besik, njamasi keris, padusan, yaqowiyu. dll

    TAPI ITU SEMUA TERGANTUNG PADA KACAMATA KITA SENDIRI - SENDIRI LHO????
    kalo aku kaya gitu neng, ga tahu nyang laen........ he he he

    wah gawe komunitas blog solo neng kene wae piye yu?

    oleh ra yen blogmu kanggo ngobrol cah solo?

    mesti gayeng lho?

    soale aku yo mung cah kene wae?
    gisya.blogspot.com
    nyariapa.blogspot.com

    BalasHapus
  14. trus aku setuju juga sama budhe wendy

    BalasHapus
  15. Fotnya diperbanyak donk ..khan ceritanya juga banyak ..

    BalasHapus
  16. wah terimakasih banyak atas infonya, sungguh sangat bermanfaat sekali buat kita semua Job Feed Aggregator, General Forum Discussion

    salam

    BalasHapus
  17. salam kenal sobat, saya yuniico di yogyakarta

    Salam sahabat

    Diamond Blizz

    Best to Download

    BalasHapus