9/01/2008

Kolak Pisang Labu Kuning..

Senangnya akhirnya ramadhan datang juga, dan gue masih diberi kesempatan buat menjalankan ibadah puasa. Buat temen-teman yang menjalankan ibadah puasa selamat berpuasa yaw, semoga ibadah kita bisa diterima Allah SWT, amien....

Hari pertama puasa, jalan-jalan di sekitar rumah gue sepanjang hari ini cenderung lenggang. Apalagi anak-anak sekolah pada libur,dan denger-denger juga pegawai di instanti tertentu libur. Jadi kesempatan berkumpul, dan buka bersama bareng keluarga lebih terasa. Tapi hari ini, berhubung gue dapat shift malam jadi yaw dengan terpaksa gue buka puasa di tempat kerja.

Biasanya menjelang berbuka gini, di manahan (taman kotanya solo) banyak banget penjual yang menjual berbagai macam menu buat berbuka, ngeliatnya aza jadi ngiler. Kalo di arab sana biasanya berbukanya dengan makan kurma, sedangkan di tempat gue, para ibu-ibunya demen banget buat kolak, entah dengan labu kuning atau pisang. Yang nggak kalah lezat dan manis kayak kurma.

Resep membuat kolak pisang labu kuning

Ingredients:
Bahan:

5 bh pisang kepok tua
300 gr labu kuning
150 gr kolang-kaling
250 ml air
2 lbr daun pandan
500 ml santan
250 gr gula pasir
½ sdt garam


Directions:
Cara Membuat:

Pisang kepok, kupas, potong serong.
Labu kuning, kupas, potong 2 x 2 x 2 cm.
Kolang-kaling, iris tipis panjang.
Rebus air, daun pandan dan ½ bagian gula sampai mendidih.
Masukkan labu kuning, pisang, dan kolang-kaling.
Setelah semua bahan setengah matang, masukkan santan dan gula pasir.
Aduk sesekali, jaga agar santan tidak pecah.
Sajikan dingin.


Resep: Nuraini W
Uji Dapur: Klub Nova
Foto: Daniel Supriyono
© Tabloid Nova

NB: Kata pak bondan "mak nyus".

Pernak-pernik puasa:

artikel puasa

sudah benarkah puasa kita

23 komentar:

  1. dah buka puasa blm?mmm enak juga tuh kolaknya.bagi dunk

    BalasHapus
  2. alhamdulillah udah buka puasa

    BalasHapus
  3. met berpuasa juga cy ...
    pengen makan kolak juga nih, sayang masih batuk jdi agak nahan deh minum es ama kolak pas buka.

    moga lancar yah puasa kali ini. sukses selalu ...

    BalasHapus
  4. pesen 1 cy buat bsk kolaknya.hehehehe

    BalasHapus
  5. wah..untung aza ngelihat gambar ini setelah berbuka. kalo ndak,bisa celakalah aku,he..he...

    BalasHapus
  6. wuaaa... mau banget tuh kolak nya...
    hiks kangen jg jalan2 seputar manahan.
    btw, acy bisa ga nie bikin kolak pisang labu kuning kaya' yg diposting itu?? jgn2 ga bisa hayooo :D

    BalasHapus
  7. wah... ada kolak pisang :(( bagi dong...

    BalasHapus
  8. bagi dong . tadi buka puasa serreeet nih hwe..

    BalasHapus
  9. Duh lupa tadi buka puasa ngga makan kolak dulu :D

    BalasHapus
  10. hehe :)) sama. saya juga kolak, tadi :))
    toss... mari bersulang ^_^

    BalasHapus
  11. selamat menjalankan ibadah puasa yah.. semoga ga ada yang bolong tahun ini

    BalasHapus
  12. Jadi ngiler dan kangen ama kolak buatan ibuk.. Pengen....

    BalasHapus
  13. Met Puasa acy... bagi kolaknya dong..
    Hehehehe...

    BalasHapus
  14. Mau dunks kolaknya... keliatannya enak tuh... met puasa yach..

    BalasHapus
  15. sial, gw bacanya pas pagi2

    jadi laper lagi deh

    BalasHapus
  16. jadi laper liatnya, kabur ah takut jadi makruh puasanya gara2 ngebayangin ni kolak

    BalasHapus
  17. waduwww cyy...
    ni baca postingnya.. siang2..
    di kampus...panas2...

    intinya... I'am melted

    BalasHapus
  18. hmmm jadi pengen..ntar sore nyari kolak ah hehehe

    BalasHapus
  19. mantap nih dijadiin menu buka puasa nanti pas bulan Ramadhan .

    BalasHapus