8/25/2008

Dampak Naiknya BBM dan Sembako...



seKurang 1 minggu lagi udah bulan suci ramadhan, duh senangnya. Yap kita harus menyiapkan fisik, mental juga dompet menjelang bulan puasa.

Biasanya nich kalo menjelang puasa gini semua serba naik dan titik puncaknya pas menjelang lebaran. Dan kenaikan ini lebih dulu dengan dipicu naiknya gas elpiji. Dan kabarnya kebutuhan pokok juga merambat naik, belum lagi BBM. woloch bisa-bisa puasa nanti masyarakat kita yang mayoritas kurus tinggal tulangnya duank dunk, berhubung daya beli lemah karena adanya inflasi, sementara nyari duit susahnya minta ampun. Dan lagi-lagi masyarakat cuma bisa menghela nafas saja.

Berita adanya penggusuran juga manambah trafic kenaikan angka kemiskinan di bumi tercinta ini. Dengan alih-alih pengen mempercantik kota mereka menggusur orang-orang yang dianggap nggak penting dan mengganggu pemandangan kota, dan hal itu tercantum dengan jelas pada perpres No 36 tahun 2005.
Memang sich mereka tinggal di lahan pemerintah dan nggak punya kuasa atas tanah yang mereka tempati, tapi mereka juga manusia, setidaknya pemerintah mau sedikit berempati dengan memberi sedikit ganti rugi setidaknya tidak membiarkan mereka terlantar begitu aza. kalo nggak salah itu tercantum dalam pasal 30, 34 , sama pasal berapa yaw lupa, pokoknya yang membahas tentang hak-hak warga negara. Bagi orang yang hidupnya dibawah garis kemiskinan setelah rumah satu-satunya digusur , mereka cuma bisa menjadi gelandangan atau pengemis yang berarti tugas pemerintah mengentaskan kemiskinan sudah gagal.
Tapi ada berita yang gue dapat, mungkin bisa dibilang berita basi tapi gue seneng mendengarnya kalo daerah sukoharjo udah menggratiskan sekolah dari tingkat SD sampe SMU, bravo sukoharjo. Kapan yaw solo sama daerah lain nyusul??


42 komentar:

  1. blue energy + banyugeni TM..
    a.k.a pertamaxxxx..

    BalasHapus
  2. presiden SBY sudah menjanjikan anggaran pendidikan 20% pada APBN 2009. lumayan.. lumayan...

    off dulu ah, menghemat anggaran utk persiapan bulan puasa nenti. wkwkwkkwk..

    BalasHapus
  3. puasa lagi...puasa lagi..
    saatnya nabung amal banyak-banyak..he..he..

    BalasHapus
  4. gimana puasa mereka yang abis digusur ya... kasihan mereka...

    BalasHapus
  5. mau gratis kaya mereka?
    jgn mau donk..kan pake bencana dulu.
    hehehehe...

    BalasHapus
  6. puasa tiba..artinya banyak yg jualan sup buah tiap sore disini..asikk..he..he..
    wah, acy jd care nih ame isu2 publik belakangan..:D

    BalasHapus
  7. dompet kudu siap nih hehe dapur lom punya nih buat saur... :( kudu siap siap. Hehe, daerah palembang udah ampe smu jg tuh gratis. Klo Banjarbaru.. tau deh, mudahan aja ntar bisa gratis semua ampe SMU. amien

    BalasHapus
  8. Kayaknya semua serba naik tahun ini ya...

    apalagi menjelang lebaran...

    indonesia bisa maju klo sekolahnya gratis...

    BalasHapus
  9. loch koq dompet..? bukannya jd irit kalo kita puasa. hihi

    BalasHapus
  10. bener bgt kalo puasa mesti siap merogoh dompet dalem2....

    BalasHapus
  11. iya..bunda juga sedih mendengar gas elpiji naik lagi... gimana nich...nich..nich...
    banner sdh bunda psg duluan...acy juga yach.... okeeeeeee

    BalasHapus
  12. Cari Duit Susah - Semua Pada naik - Weew Hiduplah indonesia raya ...

    BalasHapus
  13. hmm mo comment apa y?semuanya dah pada komplit gitu.yahh telat sih datangnya.aku kangen sinchan hehehehe :D ga nyambung ya.biarin weekk :P

    BalasHapus
  14. waww komplit boo postingnya,segala bbm, perda, penggusuran, sekolah gratis, dll.

    BalasHapus
  15. Makanya sejak minggu kemarin aku dah belanja2 keperluan dapur mulai dari minyak goreng sampai bawang dan teman2. Btw, semoga siap lahir batin ya :)

    BalasHapus
  16. Aku kalo bulan puasa malah lebih hemat. Buka & sahur tinggal keliling aja ke masjid2

    BalasHapus
  17. Emang ya dari dulu klo puasa pasti kita keluarin uang lebih banyak utk bukaan, belom lagi persiapan lebaran... huhu..

    BalasHapus
  18. hohoho musti belajar hemat kalo gitu pas puasa :)

    BalasHapus
  19. waahh..puasa ya...jadi kangen nih kepingin cepet2 pulang...

    BalasHapus
  20. yg miskin makin maskin, yg kaya tambah kaya... Pemerintah gak pnya hati.. Kasian bnget kan orang2 yang disingkirkan... kdg klo ak liat, terharu bnget.. he.. :) curhat dikit..

    BalasHapus
  21. gak kerasa udah setahun kerja di surabaya....

    BalasHapus
  22. huee.. harusnya puasa jadi ngirit makan, malah jadi harus ngeluarin duit banyak gara" harga pada naek ya.. :(

    BalasHapus
  23. dompetku juga kosong tuh non,habis ngirim ortu, buat persiapan lebaran termasuk puasa ini.
    btw,kangen acy,he..he..

    BalasHapus
  24. Tambahan lagi, nambah tenaga buat masak sahur ^_^, this year will be my first he he

    BalasHapus
  25. Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Mboh wis, ngelu mikiri urep.

    BalasHapus
  26. Ditempatku anak-anak kalo sekolah juga pada gratis tuh....
    Soalnya ortu nya yg bayar :)

    Selamat datang puasa, selamat datang kolak ...

    BalasHapus
  27. buat ibadah saja harus bersusah payah di negeri sendiri ....

    sungguh ironis....

    padahl negeri ini milik siapa !?!? bumi ini milik siapa !?!?

    masa utk ibdah saja kita senantiasa dihalang-halangi dgn kondisi negeri ini

    BalasHapus
  28. mo nanya nihhh.... sebenarnya Indonesia tuhh udah merdeka blom sihh?

    BalasHapus
  29. udah merdeka dari penjajahan Belanda n jepang...

    BalasHapus
  30. cepet banget ya puasa lagi...

    BalasHapus
  31. wah... jangan sampai deh pada nimbun dengan melakukan aksi beli dengan membabi buta...

    BalasHapus
  32. tpi klo beli dgn sertifikat yang resmi trs data2nya lengkap insya4JJI gak bakal kegusur... klo masih ke gusur... ya... apes dech.. he..he...

    BalasHapus
  33. wah..klo gitu gmana nasib bangsa kita ni..

    BalasHapus
  34. mari kita tingkatkan iman dan taqwa kita ke Allah SWT. Kita bantu meringankan beban orang orang yang membutuhkan.

    BalasHapus
  35. maaf lahir bathin juga ya.... klo puasa, sambil nunggu subuh jangan bobo' lagi, pasti ngeblog ya...hahahahhaaa

    BalasHapus
  36. selamat menjalankan ibadah puasa dan siap2 nabung untuk lebaran hehehehe

    BalasHapus
  37. ayo.. ayooo .. tetep semangat... marhaban ya ramadhan....

    thx ud mampir... ^_^

    salam kenal...

    BalasHapus
  38. Tak terasa, puasa akan segera tiba.
    Mari tingkatkan iman dan taqwa
    Tuk peroleh ridho dari Yang Maha esa

    BalasHapus
  39. maaf nih baru bisa OL lagi... met puasa ya... semoga amal ibadah kita lebih baik dan diterima Allah SWT." Amin...

    BalasHapus
  40. ho'oh nih...di UNiversitas Solo aja mau masuk kuliah bisa sampe 100jt dan tidak boleh dicicil..besok2 kalo anakku sekolah, berapa ya biayanya...hhuwwaaaaa...jadi setress mikirinnya!
    met puasa ya acy, kalo laper buka aja...wekekekekeek!

    BalasHapus